Motiv Batik Lingga

Lingga-Gebyar pesona batik Lingga tahun 2020 yang dihelat di Implacement Timah Dabo Singkep, Sabtu (22/2/2020 menghadirkan beberapa jenis motif batik Lingga, yang diperagakan oleh model-model lokal di Kabupaten Lingga.

Kegiatan yang ditaja Dewan Kesenian Daerah (Dekranasda) Kabupaten Lingga dengan menggandeng Dinas Ketenagakejaan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, dan Perindustrian Kabupaten Lingga, tersebut berlangsung meriah.

“Kegiatan ini dilaksanakan untuk memperkenalkan batik dan Kabupaten Lingga. sekaligus menumbuhkan kecintaan kita pada produk kita,” ujar Ketua Dekranasda Lingga, Haryati Alias Wello.

Ia menyebutkan, bahwa sejumlah motif-motif batik Lingga sudah mendapatkan hak paten. Karenanya, ia mengajak agar masyarakat dapat lebih memperhatikan dan ikut memperkenalkannya.

Kegiatan tersebut juga menampilkan Fashion Show dari talent dewasa hingga anak sekolah dengan menggunakan batik Lingga.

“Kita berharap, Gebyar Pesona Batik Lingga dapat dijadikan program tahunan, sebagai kegiatan promosi,”tambah Haryati.

Dikegiatan yang sama, Sekretaris Daerah Kabupaten Lingga, Juramadi Esram dalam sambutannya menyampaikan apresiasinya atas terselenggaranya kegiatan tersebut. Menurutnya, ini menjadi langkah awal untuk mengembangkan bidang lainnya seperti pariwisata dan kebudayaan dengan kerajinan asli daerah.

“Kami pemerintah daerah berterimakasih kepada Dekranasda yang telah melouching batik Lingga,” kata Juramadi Esram.

Esram juga berharap, kedepannya, sekolah-sekolah di Kabupaten Lingga kedepannya dapat menggunakan batik asli Lingga. Karena itu, ia juga berharap Dekranasda dapat memproduksi batik Lingga dengan lebih lagi