Ketua Dekranasda Ingin Tetap Dilestarikan di Lingga

Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Lingga Maratusholiha Nizar melaksanakan rapat koordinasi bersama anggota Dekranasda, Rabu (23/6/202).

Kegiatan yang dilaksanakan di Gedung Implasemen Dabo Singkep itu dihadiri oleh Kadis Perindag selaku Ketua Harian Dekranasda Lingga beserta staf, sekretaris dan anggota Dekranasda.

Saat ditemui seusai kegiatan, Ketua Dekranasda Lingga, Maratusholiha mengatakan, ada 3 fokus program yang akan Dekranasda kerjakan. Yakni terkait tudung manto, batik Lingga, dan tenun Lingga.

"Sesuai aturan dari HAKI (Hak Kekayaan Intelektual), bahwa tudung manto itu adalah hak dari Kabupaten Lingga, dan adanya tudung manto itu sejak tahun 1978," kata Maratusholiha kepada TribunBatam.id.

Istri Bupati Lingga ini lalu menjelaskan, sesuai aturan Kementerian Hukum dan HAM, tudung manto itu tidak boleh diproduksi oleh selain Kabupaten Lingga.

"Kalau itu masih diproduksi, maka akan ada tindakan pidana. Tapi kan kita tidak boleh sampai ke sana (pidana-red), kita selesaikanlah secara kekeluargaan," tuturnya.