Gubernur Ansar Lantik Pengurus Dekranasda Kepri

Gubernur H. Ansar Ahmad akan memberikan perhatian sungguh-sungguh terhadap program Kerja Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) karena merupakan mitra strategis Pemerintah Daerah. Gubernur Ansar berharap agar dapat selalu bersinergi dengan tujuan membangun ekonomi Kepri dengan semboyan membangun ekonomi dengan kebangkitan UMKM dan IKM.

“Dengan adanya pandemi Covid-19, ekonomi pasti mengalami degradasi. Namun itu tidak boleh membuat kita putus asa. Justru dengan kondisi ini kita harus membangun kreativitas dan inovasi. Tidak hanya inovasi produk, namun juga inovasi pemasaran,” kata Gubernur Ansar pada Pelantikan Pengurus Dekranasda Provinsi Kepulauan Riau Dan Pelantikan Pengurus Dekranasda Kabupaten/Kota Masa Bhakti 2021-2024 Disejalankan Dengan Musda Dekranasda Provinsi Kepulauan Riau di Aula Wan Seri Beni, Tanjungpinang, Kamis (29/4).

Acara pelantikan ini juga disejalankan dengan Musyawarah Daerah Dekranasda Provinsi Kepri dan Kabupaten / Kota. Gubernur Ansar berharap saat musda nanti agar dibahas semua persoalan yang selama ini menjadi hambatan bagi pelaku UMKM dan IKM baik persoalan permodalan, manajerial pengelolaan usaha, peningkatan kualitas mutu produk agar mampu masuk ke pasar di berbagai tingkatan, dan persoalan aksesibilitas pasar.

“Karena kita berada di era industri 4.0, maka digitalisasi pemasaran produk harus menjadi perhatian penting. Saya berharap agar Dekranasda mampu segera melahirkan platform-platform pemasaran dengan melibatkan milenial kita. Agar di era Covid sekalipun produk-produk unggulan dapat dipasarkan dengan baik,” ujar Gubernur Ansar.

Di tahun 2022 Pemprov Kepri akan membangun etalase besar untuk menghimpun semua produk UMKM dan IKM dengan kualitas baik, dan akan diberikan ruang disana untuk menjadi pasar produk unggulan. Secara bertahap juga akan membangun packaging house di Kabupaten dan Kota agar performance produk unggulan dapat menembus pasar berbagai tingkatan.

“Saya yakin kalau ini kita polakan dengan baik, insya Allah kekuatan ekonomi baru yang bersumber dari pengembangan UMKM dan IKM di kepri dapat diwujudkan dan dapat menjadi andalan ekonomi masyarakat. Mari jadikan ini sebagai momentum penting bagi kita semua dengan semangat dan kualitas baru untuk membangkitkan ekonomi kepri,” tutup Gubernur Ansar.

SK Pelantikan Pengurus Dekranasda Provinsi Kepulauan Riau dibacakan oleh Wakil Sekjen Dekranas Pusat Sondang Pasaribu dengan Nomor : 17/Dekran/SK/IV/2021 tentang Susunan Pengurus Dekranasda Provinsi Kepulauan Riau Masa Bakti 2021-2024 yang menetapkan Hj. Dewi Kumalasari Ansar Ahmad sebagai Ketua, Dwi Kori Handayani Lamidi sebagai Wakil Ketua, dan Kadisperindag Kepri sebagai Ketua Harian.