Dinas Pariwisata Lingga Ajak Kades Kembangkan Desa

Potensi Pariwisata di Kabupaten Lingga sudah tidak diragukan lagi. Sebagai daerah bekas kerajaan Melayu Lingga, banyak potensi-potensi wisata yang dapat dijadikan obyek untuk pengembangan pariwisata di Kabupaten Lingga.

Obyek-obyek wisata baik, obyek wisata alam, sejarah dan Budaya itu tersebar di berbagai desa-desa yang ada di kabupaten Lingga.

Sadar akan potensi daerah yang kaya akan wisata itu, Dinas Pariwisata Kabupaten Lingga menggandeng para Kepala Desa (Kades) Se- Kabupaten Lingga untuk Bersama-sama memajukan Kabupaten Lingga Khususnya dibidang Pariwisata.

Bukan tidak mungkin bila Para Kades serius dalam mengelola daerahnya yang memiliki potensi wisata maka daerah itu akan maju dan berkembang baik di tingkat Nasional maupun di Tingkat Internasional, dan hal itu pastilah sejalan dengan meningkatnya perekonomian masyarakatnya.

Untuk menggugah itu, Dinas Pariwisata Kabupaten Lingga melalui kegiatan sosialisasi mengajak para Kades untuk Bersinergi dengan Dinas Pariwisata Lingga untuk dapat mengelola dan mengembangkan tempat-tempat wisata yang berada di wilayah administrasi desa.

” Bapak Bupati sudah berkomitmen untuk menyerahkan pengelolaan wisata kepada Desa-desa yang sudah mampu untuk mengelola tempat Wisata di Desa-nya, agar desa berpeluang untuk meningkatkan Pendapatan Asli Desa (PADes) secara mandiri,” Kata Plt. Kadis Pariwisata Kabupaten Lingga, Abdul Kadir dihadapan para Kades yang hadir, Selasa (28/09).

Untuk itu, lanjutnya desa harus lebih menguatkan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), supaya kedepannya desa bisa menjadi desa yang mandiri.

“Mari bersinergi dengan Kami, tempat-tempat wisata mana saja yang ada didaerah bapak-bapak yang memiliki potensi wisata untuk kita kembangkan dan kelola,” Ajak Abdul Kadir.

Ditempat terpisah, Amren selaku Kepala Desa (Kades) Desa Tinjul, sangat mengapresiasi sosialisasi yang diadakan oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Lingga.

“Kami selaku Kades sangat mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Lingga, dan dengan kegiatan ini menambah semangat kami selaku Kades untuk mengembangkan potensi wisata yang ada didaerah kami,” Ungkap Amren

“Seperti halnya potensi wisata yang ada di Desa Tinjul yakni Perigi Hangtuah, kami memang perlu dukungan pemerintah untuk dapat kami kembangkan dan sosialisasikan, agar bisa berkembang dan menarik wisatawan lokal maupun internasional untuk datang berwisata,” Paparnya.

Adapun dalam kegiatan sosialisasi itu, di hadiri 28 Kepala Desa yang wilayahnya memiliki Tempat wisata dan juga dihadiri oleh para pendamping Desa.